Kamis, 02 Juli 2015

Kecurangan Indomaret Kepada Konsumennya Cari Tau Tipsnya

Belakangan ini banyak keluhan dari pelanggan terkait kecurangan di gerai Indomaret dan Alfamart terkait harga yang berbeda pada price list yang ada di rak produk, dan harga yang tertera di struk pembelian. Ini ada sedikit cerita dari salah satu konsumen Indomaret yang merasa kena tipu. Survey yang ia lakukan di 4 toko Indomaret berbeda.

LOKASI INDOMARET A ; aku belanja di tempat itu, sengaja cuma 1 item, tentunya aku udah pastiin price tag ama brg yg dibeli, adalah sama, sampai di kasih nah lho kok harganya beda selisih sampai 1000 rupiah, dalam hati aku kayaknya salah lihat deh harganya, okelah nextime lebih cermat aja..(masih prasangka baik, mungkin aku yg kurang teliti)
LOKASI INDOMARET B ; seperti bisa sebelum belanja aku pastiin price tagnya, ama barang cocok, nah kebetulan ada tag promo disamping tag harga, cuma ada tulisan beli 1 gratis 1 tapi ada yg akuh gambar promonya ( 1 botol + 1 botol = 1botol ) sejenak aku pikir yg bener mana nih , kalo semua pasti setuju kalo yg dimaksud adalah beli 2 gratis 1 ya gak coz gambarnya gitu, tapi kenapa tulisan promo tagnya beli satu gratis satu, okelah mungkin yg bener adalah tulisan promo tag, akhirnya aku beli 1 botol dengan harapan dapet gratis 1, ternyata sampai kasir..eng ing..eng, gak dpt gratis oooaaalaaahhh, kecewa.
LOKASI INDOMARET C ; week end bisanya paling banyak pengunjungnya, tapi ada yang akuh pas aku beli disana, ada beberapa barang yg tidak ada price tagnya, aku pikir ooo mungkin lagi di print harga baru kali (note: h-1 aku kesana masih inget item yg aku beli masih tercantum harganya), okelah aku beli brg yg sama seperti kemaren, kali ini tanpa ada price tag disana, apa yg terjadi sampai kasir? ternyata sampai sana harganya lebih mahal dari kemaren, selisih diatas 500 rupiah, hal ini (item barang tanpa price tag) berlangsung selama lebih dari 2hari ( apa iya cuma print price tag, butuh waktu selama itu).
LOKASI INDOMARET D ; kejadian persis ada di LOKASI INDOMARET A, kali ini karena aku lagi badmood, (tentunya masih dengan asumsi aku orangnya teliti-baca TKP A), sampai di kasih ternyata harganya beda lagi ama yg di price tag, apesnya aku bw duit pass lagi, wah kalu gitu kurang nih bayarnya (dalem hati), langsung aja aku nyeletuk “mbak kok harganya beda ama label harga di rak-nya” kaget kyknya tu kasir, eee malah tanya temen kasir satunya?, sambil ngomong sendiri “mungkin ada potongan, ya..sambil cek depan mesin kasir…”oooya mas ada potongan xxx rupiah” ngomong dengan entengnya dengan pasang muka gak bersalah…..aku langsung cabut.
LOKASI INDOMARET A tapi pakai trik di LOKASI INDOMARET D ; aku masih penasaran, mungkin lg error mesin di kasir, okelah aku praktek in di INDOMARET  A (baca kasus INDOMARET  A), apa yg terjadi terjadilah, hasilnya adalah sama persis dengan kejadian INDOMARET  D, price tag ama harga di POS kasir (point of sales) beda…B.E.D.A, seperti biasa aku pakai trik di INDOMARET  D, tapi kali ini kasirnya langsung lihat ke rak-harganya and ternyata harganya memang aku yg bener.



ANALISIS :
  1. Bagaimana mungkin sistem POS (point of sales) antara satu gerai dengan gerai lain bisa salah semua (dalam kasus ini POS tidak otomatis mengurangkan adanya diskon item tertentu), dengan demikian buyerlah yg dirugikan coz kalo ente gak protes adanya beda price tag ama item, kasir gak bakalan nge-cek manual ke sistem. sistem/human INDOMARET yg error atau memang sengaja “dibuat” demikian,dengan jargon “MURAH dan HEMAT”.2. Item yg dibiarkan kosong price tagnya sampai beberapa hari adalah tidak wajar (menurut aku), ini adalah trik yg digunakan INDOMARET untuk mendapat kan keuntungan sesaat denga jumlah besar, dengan memanfaatkan even dimana pengunjung biasanya paling banyak (weekend), mereka dengan mudahnya menyeting harga, dengan posisi buyer yg “pasrah” ketika mereka tidak tau harga brg yg mereka beli. (dalam pikiran mereka pasti me-refers, ke harga kemarin tapi apa daya sampai kasir mereka harus membayar lebih, dan tulah yg aku alami) 3. Banyak promo yg menyesatkan di INDOMARET  (baca : kasus INDOMARET  B), belum lagi kalo di kombinasikan dengan trik “harga beda” ala INDOMARET  = menjanjikan keuntungan besat dalam waktu singkat, apalagi dengan jumlah gerainya sampai 6.000, coba anda bayangkan selisih “beda harga” 1.000 rupiah saja untuk 1 item barang dalam sehari bisa dapat “duit kaget” = 1.000 rupiah x 6.000 gerai = 6.000.000/item/gerai/hari.
    4. Alasan tidak masuk akal ; dalam kasus INDOMARET  D, dengan entengnya kasir ngomong, “potongan belum di kurangkan”, aku gak yakin orang yang belanja di belakang antrian aku dapet “perlakuan” yg sama (pengurangan harga dari potongan yg belum dimasukkan).
    5. Penempelan price tag tidak pada tempatnya ; ini yg membuat buyer “tertipu” dengan harga murah, apalagi yg beli dalam jumlah banyak tidak akan ingat dengan price tagnya satu-persatu.
TIPS BELANJA DI Indomaret :
  1. Pastikan anda teliti sebelum membeli item (cek price tag = item), kalo perlu catat pakai note (pakai hp/smatphone)
  2. Pastikan punya nyali untuk menegur kasir apabila merasa ada yang akuh dengan price tag yang tidak sama dengan item atau anda akan menjadi bulan”an INDOMARET
  3. Jika kurang puas dengan silakan buat SURAT TERBUKA.
Sumber : http://halounik.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar