Minggu, 05 Juli 2015

Hal Sederhana Ini Bisa Kurangi Tagihan Listrik

Berapa biaya tagihan listrik Anda bulan ini? Masih kah Anda membayar dengan jumlah yang sangat banyak? Bisa jadi ada yang salah dengan kebiasaan Anda di rumah. Jika tagihan listrik masih membengkak, maka ada baiknya Anda mulai belajar menghemat listrik di rumah, karena sebenarnya banyak hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi jumlah tagihan listrik.
Apalagi hingga saat ini, pemerintah Indonesia lebih banyak memanfaatkan listrik yang dihasilkan dari energi fosil, seperti minyak, batu bara, dan gas yang suatu hari akan habis. Untuk itu, tak ada salahnya membantu pemerintah menghemat listrik. 

Nah, berikut ini simak tips menghemat listrik untuk mengurangi tagihan listrik di rumah!


1. Televisi

Televisi yang masih dalam posisi standby masih memakan daya listrik. Untuk itu, matikan TV dengan benar setelah menontonnya dengan cara mencabut colokannya.

Anda juga dapat menggunakan terminal listrik bertombol on/ off agar Anda bisa langsung menekan off-nya saja untuk mematikannya. Selain itu, hidupkan TV Anda jika memang benar-benar Anda ingin menontonnya.

2. AC

Sebelum ruangan digunakan, ada baiknya Anda stabilkan terlebih dahulu suhu ruangan selama satu jam dengan menghidupkan AC di suhu tertentu, misalnya di suhu 24 derajat celsius.

Apabila kemudian Anda ingin menurunkan suhu, lakukanlah setelah satu jam penggunaan pada suhu awal. Ingatlah bahwa setiap penurunan 1 derajat Celsius akan menambah penggunaan daya listrik sebesar 6 persen. Jadi, hindari terlalu sering menaik-turunkan suhu.

3. Charger HP

Kebiasaan menggantung charger telepon genggam atau handphone di colokan harus segera ditinggalkan.

Tahukah Anda jika hal tersebut masih memakan listrik hingga 30 persen dari daya listrik normalnya? Untuk itu, cabut charger handphone setelah Anda mengecasnya.

4. Kulkas

Saat Anda menggunakan kulkas, lemari es, atau freezer, hindari memasukkan minuman dan makanan yang masih panas ke dalamnya.

Lalu, atur suhunya sesuai kebutuhan, namun jangan terlalu rendah karena akan memakan energi listrik yang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar